Jumat, 26 Oktober 2012

agama penting!!!

 


















 Dalam kegiatan belajar mengajar terutama mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) disekolah-sekolah kerap membuat peserta didik merasa bosan dan jenuh. Mengapa demikian, apakah masalah ini disebabkan oleh ketidakprofesionalan seorang guru PAI atau peserta didik yang sudah mulai tidak bergairah lagi untuk mempelajari ilmu agama? Atau ada faktor lain yang menyebabkan problema diatas. Wallahua’lam.
Tentunya permasalahan tersebut tidaklah sedikit, namun berseliweran kemana-mana bahkan bisa jadi kompleks, artinya masalah yang satu berkaitan dengan masalah-masalah lainya. Andaikan saja yang menjadi permaslahan tersebut ialah pada guru yang tidak profesional dalam mengajar, seperti cara belajar yang kurang menarik perhatian siswa atau mengajarkan materi ajar yang tidak dapat dijangkau oleh siswa (tidak efektif), ini bisa diselesaikan dengan berbagai macam metode, teknik dan strategi belajar. Guru dapat mempelajari dan menerapkan berbagai macam metode tersebut di dalam kelas supaya peserta didik lebih tertarik mengikuti pelajaran.
Namun perlu kita cermati bersama, apabila yang menjadi permasalahan tersebut berasal dari siswa yang mulai raib semangat belajarnya terlebih khusus mempelajari ilmu agama, ini yang berbahaya. Apa yang akan terjadi seandainya semangat belajar siswa sudah pudar, Bagaimana masa depan negara ini kalau generasi penerusnya apatis terhadap pendidikan agama islam.
Sudah sangat jelas, bahwa estafet kepemimpinan negara ini akan diwariskan kepada generasi muda yaitu genereasi muda yang terdidik, berintelek dan berkarakter. Pendidikan Agama Islam merupakan Pondasi (basic) dalam menopang kehidupan seseorang supaya tidak terjerumus dalam kenistaan. Perilaku tidak baik yang dilakukan seseorang seperti memakan harta rakyat dengan jalan yang bathil (korupsi), suap, penipuan dan pembunuhan yang kita lihat saat ini merupkan akbiat minimnya asupan pendidikan agama islam terhadap orang tersebut.
Pendidikan agama islam merupakan ajaran yang menyangkut seluruh aspek kehidupan manusia, Guru tidak hanya sebatas mengajarkan keilmuwan saja namun mempunyai tanggung Jawab dalam mendidik aspek sikap dan perilaku siswa yang harus sesuai dengan ajaran islam, Apalagi guru PAI yang tanggung jawabnya dunia akhirat. Dalam Al-Quran, Allah SWT mengingatkan kepada kita bahwa “dosa besar di mata Allah bagi orang yang berbicara tidak sesuai dengan perbuatanya”(As-Shaff: 3). Setiap kata yang kita ucapkan akan ada balasanya apakah itu baik ataupun buruk. Oleh karena itu Guru Harus menjadi tuntunan dan tontonan bagi siswa. setiap gerak dan ucapan guru harus menjadi suri taualdan bagi para siswanya.
Manfaat Pendidikan Agama Islam
Banyak manfaat yang bisa kita raih dalam mempelajari ilmu agama. Pertama, dapat menumbuhkan jiwa keberanian dalam menegakan kebenaran dan rasa takut melakukan perbuatan yang keliru. Kedua, menumbuhkan sifat dewasa dalam menghadapi persoalan kehidupan terlebih ketika kita ditimpa musibah, akan lebih arif dan bijak dalam menyelesaikanya. Ketiga bersikap sederhana dan patuh terhadap aturan.
Tulang punggung bangsa ini ada dipundak generasi pemuda, negara indonesia tidak akan maju bila generasi mudanya lemah dan kurang kesadaran akan pentingnya pendidikan agama islam. Sekarang, akankah kita membiarkan generasi muda lebih buruk dari sebelumnya atau kita hanya menonton generasi ini tergerus oleh perilaku buruk. Mari kita selamatkan generasi muda kita dengan pendidikan agama islam.

0 komentar:

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates